Membaca Buku Teks

Sebagai orang yang pernah merasakan beratnya harus membaca buku teks kedokteran, saya ingin berbagi beberapa trik pribadi saya yang mungkin dapat Anda terapkan atau cocok dengan Anda. Trik ini saya pelajari dan latih semasa saya menjalani pendidikan magister…ya magister, bukan saat masih di pendidikan dokter. Saat masih di tahap sarjana, saya belum menggunakan teknik membaca yang efektif.

Oleh karena banyaknya tuntutan tugas paper magister, saya harus banyak membaca referensi dalam waktu sesingkat mungkin. Tentu saja saya kewalahan karena rendahnya kecepatan membaca saya, belum lagi singkatnya waktu yang diperlukan untuk mencerna infromasi. Alhasil saya berusaha mempelajari beberapa teknik membaca yang hingga saat ini tidak ada yang saya kuasai dengan baik.

Setelah mencoba, menjalani, dan menikmati setiap kegiatan membaca, saya menemukan trik yang bagi saya sangat efektif. Trik ini merupakan hasil dari kompilasi beberapa teknik dasar membaca yang pernah saya pelajari dengan pengalaman pribadi.

Beberapa poin penting ketika membaca buku teks:

  • Membaca buku teks bukanlah seperti membaca buku novel

Ketika kita membaca buku teks, kita tidak perlu khawatir melewatkan suatu informasi. Kita dapat membaca suatu bab secara acak, tidak seperti novel. Kita juga dapat memulai dari suatu bagian dalam satu bab secara acak. Kita hanya perlu fokus pada apa yang kita cari.

  • Tidak semua ide penulis penting bagi kita

Informasi yang disampaikan penulis tidak semuanya penting bagi kita. Kita dan penulis memiliki persepsi berbeda tentang kepentingan suatu informasi. Terkadang penulis menganggap suatu informasi penting (must know) sehingga menuliskannya secara rinci dalam buku teks. Namun terkadang ternyata kita tidak membutuhkan informasi tersebut (nice to know).

  • Baca buku teks lebih dari satu

Membaca beberapa buku teks sekaligus sangat penting untuk mendapatkan informasi secara komprehensif. Kita dapat memperoleh buku teks dengan membeli, meminjam, fotokopi, ataupun mengunduh buku versi elektronik. Yang penting lebih dari satu.

  • Gunakan logika saat membaca

Setiap informasi sebaiknya diterima dengan kritis. Momen membaca digunakan untuk memilah informasi penting atau tidak penting. Bila penting coba langsung diingat, dan abaikan bila tidak penting.

  • Konsisten dengan tujuan

Kita perlu konsisten dengan tujuan membaca. Bila ingin mencari suatu informasi, kita hanya perlu fokus menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Jangan sampai kita tergiur dengan godaan informasi yang tidak menyelesaikan masalah dan hanya menyita waktu.

Trik membaca ala saya

  1. Tetapkan tujuan membaca

Kita dapat membuat mindmap atau daftar tujuan. Buatkan kata-kata kunci yang mewakili informasi yang ingin dicari. Kita perlu brainstorming sebelum membaca.

  1. Pilih dan tetapkan buku-buku yang ingin dibaca

Meski buku telah kita pilih dan tetapkan, jumlah buku dapat bertambah selama kita membaca.

  1. Cari informasi mengenai kata kunci pada bagian indeks

Bagian paling penting menurut saya dari sebuah buku teks adalah indeks. Bagi saya indeks menjadi indikator utama penilaian saya terhadap kekuatan suatu buku teks. Buku teks yang tidak memiliki indeks atau indeks yang dibuat sekadar saja menunjukkan buku tersebut kurang memiliki kekuatan meski daftar isinya lengkap.

  1. Serap informasi secara cepat

Ketika kita berfokus pada tujuan membaca, kita dapat menyerap informasi dengan sangat cepat. Kita dapat melewatkan bacaan-bacaan yang menurut kita tidak penting, tidak menyelesaikan masalah, dan keluar dari tujuan membaca.

  1. Bandingkan setiap informasi yang didapat dengan referensi lain

Setiap informasi yang kita dapatkan sebaiknya langsung dibandingkan dengan informasi di referensi lain. Buku yang harus dibuka harus lebih dari satu. Aktivitas ini akan menjadi dasar bagi kita untuk membuat kesimpulan-kesimpulan.

  1. Simpulkan setiap kesimpulan informasi menjadi suatu informasi utuh

Pada akhir kegiatan membaca, kita buat suatu kesimpulan umum yang menggambarkan kesimpulan-kesimpulan informasi menjadi suatu informasi utuh. Kita dapat membuatnya dalam sebuah mindmap atau dalam bentuk paragraf.

Trik ini dapat Anda gunakan saat Anda memiliki keterbatasan waktu. Bila Anda memiliki keluangan waktu atau mengalokasikan waktu tertentu, Anda bisa saja menikmati setiap halaman buku teks seperti novel yang tidak ingin Anda lewatkan setiap detailnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *