Penggunaan Mendeley Citation Manager

Salah satu ciri tulisan ilmiah adalah ditemukannya bibliografi seperti daftar referensi ataupun daftar pustaka pada bagian akhir tulisan. Kualitas referensi dan pustaka tersebut menunjukkan kualitas tulisan ilmiah. Tulisan yang menggunakan referensi yang tidak ilmiah menyebabkan tulisan tersebut tidak dapat dikonsumsi untuk kepentingan ilmiah. Hanya referensi dan pustaka ilmiah yang dapat digunakan untuk kepentingan ilmiah, misalnya penyusunan proposal penelitian dan pembuatan berbagai tulisan ilmiah. Tulisan tersebut sering juga menggunakan sitasi pada kalimat-kalimat tertentu yang ditulis berdasarkan rujukan.

Mengingat pentingnya penggunaan sitasi dan bibliografi, ada beberapa aplikasi komputer yang dapat membantu dalam penulisan ilmiah, seperti EndNote, Mendeley, Zotero, RefWorks, dan sebagainya. Secara umum cara penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut hampir sama. Pada kesempatan ini akan dibahas penggunaan Mendeley. Microsoft Word sendiri sebenarnya sudah memiliki fitur ini, namun saya pribadi merasa kurang nyaman dalam penggunaannya bila dibandingkan dengan aplikasi lain.

Registrasi Akun

Untuk dapat menggunakan Mendeley, kita perlu memiliki akun di Mendeley dengan cara registrasi di http://mendeley.com. Akun yang telah dibuat akan dapat kita gunakan baik secara online maupun offline di berbagai perangkat. Namun untuk penggunaan pertama kali di komputer mesti sign in secara online.

Unduh dan Instal Aplikasi

Selanjutnya kita dapat mengunduh aplikasi Mendeley Desktop. Silakan pilih aplikasi Mendeley Desktop yang sesuai dengan sistem operasi komputer kita, Windows, Mac, atau Linux. Setelah selesai mengunduh, kita dapat menginstal aplikasi tersebut.

Masuk Aplikasi

Komputer kita perlu terkoneksi internet untuk sign in pertama kali. Jangan lupa untuk memberi tanda centang “Stay signed in” di bawah kolom isian untuk masuk agar kita tidak perlu koneksi internet ketika menggunakan Mendeley berikutnya.

Instal Citation Plugin for Microsoft Word

Agar dapat digunakan pada saat pembuatan tulisan ilmiah menggunakan pengolah kata seperti Microsoft Word, kita mesti menambahkan Citation Plugin for Microsoft Word dengan klik instal pada tombol pilihan instal.

Menambahkan Jenis Sitasi

Kita dapat menambahkan jenis sitasi sesuai dengan kebutuhan. Secara umum sitasi yang paling sering digunakan dalam jurnal kedokteran adalah Vancouver Style dan Harvard Style. Namun tidak jarang juga kita menjumpai bentuk lain, bahkan jurnal tertentu memiliki gaya sendiri, misalnya New England Journal of Medicine. Oleh sebab itu terkadang kita perlu menambahkan jenis tertentu dengan cara memilih menu View > Citation Style > More Styles.

Pada kesempatan ini contoh sitasi yang ingin kita tambahkan The New England Journal of Medicine.

Mulai Menggunakan Mendeley

Sebelum membuat tulisan ilmiah, ada baiknya memasukkan data referensi yang kita gunakan. Lebih baik buatkan satu folder khusus untuk setiap tulisan ilmiah agar lebih rapi, terkumpul, dan mudah mencari bila diperlukan. Kita dapat memasukkan data referensi secara manual ataupun menggeser file dari File Explorer ke Mendeley.

Tips

  • Usahakan sebelum memulai menulis di Microsoft Word, masukkan terlebih dahulu referensi yang akan digunakan ke dalam Mendeley.
  • Guna memudahkan pencarian di waktu yang akan datang, buat folder khusus di Mendeley untuk masing-masing artikel yang kita buat.
  • Kita dapat menginstal Mendeley di berbagai perangkat yang kita miliki. Bila kita sign in menggunakan akun kita, maka aplikasi akan melakukan sinkronisasi, sehingga kita tidak perlu mengulang kerjaan bila mengganti perangkat.
  • Bila tidak ingin memberatkan aplikasi Mendeley dalam melakukan sinkronisasi, sebaiknya masukkan referensi secara manual ke Mendeley, bukan dengan cara drag & drop.
  • Unggah/upload artikel kita di Google Drive, OneDrive, atau aplikasi lain agar kita dapat bekerja di berbagai perangkat lain tanpa harus membawa perangkat yang berat ke mana-mana.

One thought on “Penggunaan Mendeley Citation Manager”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *